Tentang Semarang Coin a Chance!

kami

Semarang Coin A Chance! merupakan lanjutan sebuah gerakan sosial yang diawali di Jakarta pada tanggal 18 Desember 2008. Melalui gerakan ini, kami berusaha mengajak kawan-kawan, kerabat, keluarga, juga para netters (blogger, plurker, facebooker…) untuk mengumpulkan ‘recehan’ atau uang logam yang bertumpuk dan mungkin jarang digunakan. Uang yang terkumpul akan ditukarkan dengan ’sebuah kesempatan’ bagi anak-anak yang kurang mampu agar mereka dapat melanjutkan sekolah lagi

Jika kamu atau kenalanmu kebetulan mempunyai setumpuk ‘recehan’ atau uang logam yang rasa-rasanya tak akan dipakai untuk berbelanja dan sudah tak muat lagi disimpan di dalam dompet, ayo tukarkan koinmu dengan kesempatan melanjutkan sekolah bagi anak-anak yang kurang mampu!
Jika kamu bergabung, kesempatan yang dimiliki anak-anak Indonesia untuk bersekolah kembali akan lebih besar, lho..!

Talkshow Coin A Chance Semarang di TV B

Mimpi yang disertai dengan niat baik maka akan menemui jalan yang baik pula. Sempat saya bergumam pada diri sendiri melihat teman yang mewakili komunitas, diwawancarai stasiun televisi lokal Semarang dan sempat berkhayal akan diberi kesempatan seperti itu. Ternyata tanpa diduga-duga kesempatan itu ada. Saya berharap (pada artikel sebelumnya tentang coin a chance semarang) bahwa CAC -singkatan coin a chance, untuk dapat diberi kesempatan diwawancarai radio maupun televisi atau muncul pada artikel suatu media massa. Ternyata kesempatan itu ada. Tanggal 12 April kami menghadiri talkshow di Pameran Buku Gedung Wanita Semarang Jawa Tengah, kemudian tanggal 23 April kami menghadiri talkshow di stasiun televisi TV B Semarang.

Awalnya, ada seseorang yang menghubungi kami via twitter. Kemudian kami diskusikan dalam grup aplikasi chatting lintas operating system yang biasa disebut whats app. Informan tersebut memberi kabar bahwa tiga hari dari hari itu yang kebetulan jatuh pada hari rabu kami diundang untuk wawancarai di TV B. Diskusi via whats app tersebut bertukar info bahwa yang mempunyai jadwal mendekati kosong hanya dua orang dikarenakan memang hari itu jatuh pada hari efektif aktifitas. Kebetulan saya dan mas Jarir yang akan hadir. Sebelumnya kami diwanti-wanti untuk mengecek jadwal on air kami yang diinfokan sekitar jam 9-11 pagi. Sementara mas jarir memberi amanah bahwa jam 10 sudah paling telat. Saya belum tau jadwal on air saat itu. Namun, saya datang di kantor TV B sekitar setengah sebelas dan mas Jarir belum datang saat itu. Produser menyampaikan bahwa on air jam 11 dan kalau mas Jarir belum datang maka saya akan maju ke medan perang sendirian. Ada rasa panik saat itu membayangkan di depan tv menjelaskan CAC sendirian.

Akhirnya jam 11 pun masuk ke studio, disana terdapat beberapa siswa SMK Broadcasting Jepara sedang magang dan sepasang host program I love Jateng sedang membawakan acara. Selama break maka saya bersiap duduk di jajaran kursi host program tersebut dan tiba-tiba mas Jarir seketika datang.


Selama wawancara berlangsung saya agak sedikit grogi dan berbicara ngalor kidul. Maklum ini perdana bagi saya. Pertanyaan yang dilontarkan kurang lebih sama seperti talkshow sebelumnya di gedung wanita. Segmen 6 selesai dan break iklan, lalu lanjut ke segmen 7. Saya sempat lupa ketika menjabarkan tentang event bahwa ada beberapa event di bulan Mei ini seperti kopi darat blogger dot semarang, bazar di fakultas ekonomika dan bisnis Undip, juga event lain yang selalu kami infokan via twitter. Sila follow akun kebangsaan kami @cacsemarang dan harapan saya kedepan adalah makin banyak yang tau tentang social movement ini maka makin baik.

Tujuan CAC sangat mulia dan pergerakan yang luar biasa. Untuk bisa berkontribusi sama sekali tidak dipungut biaya dan sukarela. Bagi warga Semarang dan sekitarnya jika ingin tahu seluk beluk CAC Semarang mari datang event kami dan hadir di CCD Coin Collecting Day yang akan kami infokan via twitter (lagi). Sekian dan terimakasih atas waktu anda membaca ini. semoga harimu menyenangkan dan semakin sukses.


Written by : Santi Fresti Qauli

Source : http://edukasi.kompasiana.com/2013/05/01/talkshow-coin-a-chance-semarang-di-tv-b-555880.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar